Jump to content

Perfect Doji


Recommended Posts

Hehe, ane mau share banyak neh, cuman gue tunggu jawaban admin. Untuk sementara 2 sistem ini akan saya kenalin, dan u bakal gak akan temukan di tempat lain, mgkn ada tapi di google mungkin halaman ke sepuluh ribuan. qqqq.

 

Perfect Doji

 

A. Intro

Perfect Doji adalah satu-satunya candle paling unik di seluruh dunia, eh seluruh charting. Candle "sniper" ini buannyaaakk sekali fungsi dan semua sistem bisa mengadaptasikan terhadap candle yang satu ini. Di industri pemetaan, candle ini hanya diceritakan kulitnya; sebagai reversal point. qqq, banyak yang mereka sembunyikan tuh. qqqq

 

B. Karakter

 

--- Tiga elemen terpenting candle ini adalah High Low dan Open=Close. Layaknya perhitungan Conventional Pivot yang mana hanya diperlukan High Low Close. Iya betul, anda bisa menerapkan Pivot S/R di candle ini juga, gak percaya? Ok, bahasan satu adalah ttg Pivot S/R & Perfect Doji.

 

--- Candle ini memiliki keistimewaan dalam waktu, artinya tidak setiap waktu kita bisa menemukan sebuah candle ini (di TF gede yah). Jadi baik untuk anda2 yang ingin bermain long-term, karena bila tidak ada candle doji yang baru, berarti anda tidak perlu merubah analisa apapun.

 

--- Pemegang kunci gerbang trend. Yah, dia juga menentukan sebuah trend untuk terjadi atau reversal. Candle ini memiliki kekuatan untuk memikul sebuah downtrend dan memantulkan sebuah uptrend. Bila diijinkan, maka kontinuasi trend akan terjadi baik untuk uptrend maupun downtrend.

 

C. Bentuk

Candle ini berbentuk seperti salib atau tanda + sempurna di chart anda. Untuk mengetahui yang mana, anda bisa klik kanan di chart anda

>> Properties >> rubah warna Line Chart dgn warna lain yang mudah dikenali.

 

Bila anda masuk ke TF di bawah 4H, anda akan mulai menemukan begitu banyak candle ini bermunculan. Catatan: basis saya mulai dari Monthly dan turun ke 4H. Bila anda sudah "mahir", boleh bermain dgn Hourly atau 30m, yang mana candle ini selalu bermunculan dgn agresif sekali.

 

Bila anda menemukan sebuah "Four Price Doji", saran saya gunakan doji sebelumnya, karena candle ini hanya sebuah garis datar. Tentu saja kita tidak akan meluputkannya, karena masih berfungsi sbg horizontal S/R, atau garis penganggu. Jadi satu line saja sudah cukup untuk "Four Price Doji".

 

End of Intro.

Next...

Phase I - Perfect Doji as Pivot S/R

 

Edited: Saya memberikan teknik2 trading gue, anda tidak harus mengaplikasikan semua. Bisa anda apply satu atau dua dari trading sistem saya. Tapi yah kalo mau semua jg gpp, kalo binun jadinya, pilih yang mana terbaik untuk karakter trading anda.

Link to comment
Share on other sites

Perfect Doji sbg Pivot S/R

 

Sistem I : Doji sebagai Pivot S/R

 

Untuk hasil terbaik, kita langsung pake sampel GBP/JPY (basis platform MT4 dari Metaquotes.net). Jadi kalo anda pake broker laen yang gak close sejajar dgn metaquotes, posisi doji akan berbeda. Terserah anda, karena perbedaan ini hanya akan memberikan keputusan di tempat berbeda, tapi pada dasarnya anda masih bisa trading dalam perbedaan tsb.

 

Ok, kalo anda maen Daily, fokus pada TF tsb, apapun keputusan anda, tetap pake line2 yang ada di Daily, baik itu Entry ataupun Exit. Kecuali anda sudah mahir, boleh diputuskan dgn 2 TF atau lebih, semuanya kembali kepada keinginan masing2.

 

Daily

GBP/JPY

 

Lokasi Doji terakhir: 07/07/2008

High = 212.41

Close = 211.56

Low = 210.96

 

------------------

Rumusnya (banana a3):

 

Pivot = [High + Close + Low] / 3

 

Resistance(n) = Pivot + [ (High-Close) * 3? ]

 

Support(n) = Pivot - [ (Close-Low) * 3? ]

 

dimana koefisien (n) adalah garis ke-berapa, jadi misal line pertama maka n=1, line kedua n=2, dst.

 

------------------

Note:

 

Mengapa harus 3??

 

Sesuai dgn karakter doji, yang hanya memiliki tiga komponen terpenting, maka pe-majemuk-an menggunakan 3. Begitu pula dalam Pivot kita memiliki tiga elemen utama: Resistance, Pivot dan Support.

 

Pe-majemuk-an itu hasil riset ane. Sebuah market bila dalam kecenderungan trend yang sangat kuat, semakin lama perjalanan sebuah trend, maka akan semakin lebar trend tsb ---bergerak menjauhi pivot.

 

Begitu juga bila dia kembali/reversal, semakin jauh dari pivot, daya jatuh atau naik akan semakin kuat pula. Jadi hukumnya berlaku untuk 2 posisi di Highest High atau Lowest Low, dan ini berlaku untuk semua Time Frame.

 

Di pivot, range sebuah trend sangat kecil. Pivot diibaratkan sebuah magnet. Semakin dekat ke inti (pivot), harga akan semakin susah bergerak, dan cenderung untuk lengket di Pivot line. Hanya fundamental yang memiliki kekuatan untuk mementalkan S1 dan R1, dan termasuk Pivot itu sendiri.

 

------------------

 

Balik ke GJ,

Lokasi Doji terakhir: 07/07/2008

High = 212.41

Close = 211.56

Low = 210.96

 

Pivot = 211.64

Support(n) = 209.84 / 206.24 / 195.44 / 163.04

Resistance(n) = 214.19 / 219.29 / 234.59 / 280.49

 

Silahkan mencoba.

 

-------------------

 

Perubahan analisa, bila ada doji baru.

 

Bila doji baru terlalu sempit, patokan --- garis akan berfungsi efisien adalah bila S atau R dibatasi 100 pips dari pivot. Bila anda temukan garis di bawah range tsb, trade hanya bila ada sebuah candle yang menggunakannya sbg bounce point.

 

Bila hadir sebuah "Four Price Doji" atau doji yang berbentuk ---> ( - ). Tetap gunakan doji sebelumnya.

Beri tanda dgn sebuah garis retracement untuk doji tipe ini, meskipun hanya satu garis, doji ini masih fungsional.

 

--------------------

 

End of Phase I

Next....

Perfect Doji & Channel Treatment.

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Sip keren neh. Thank you berat bro, uda dishare ilmunya.

 

Untung uda dipinda duluan jadi ga bingung bacanya :D

 

Oh ya mo nanya neh, "four price doji" itu apa ya? Doji di chart H4? ato ada 4 doji sekaligus?

 

Lanjut bro. Keren abis.

 

Regards,

Ore no Shinka Hikari yo Hayai. Zen Uchi o Nani no Mono Ore no Shinka Chuito Kore Nai.

Ten no Michi yo Iki. Subete o Sukosadoru Otoko.

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

oh, baru baca post 2, ternyata "four price doji" itu yg ga ada high/low ya.

 

Nah, mo nanya lagi.

 

Chart GJ Daily aku yg keliatannya doji, tidak doji asli:

- 30 Juli 2008 O: 214.08, C: 214.10

- 07 Juli 2008 O: 211.71, C: 211.65

- 18 Juni 2008 O: 211.19, C: 211.21

 

Nah, kl gitu bukan perfect doji kan, trus S&Rnya ga kebikin2 donk?

 

Regards,

Ore no Shinka Hikari yo Hayai. Zen Uchi o Nani no Mono Ore no Shinka Chuito Kore Nai.

Ten no Michi yo Iki. Subete o Sukosadoru Otoko.

Link to comment
Share on other sites

Perfect Doji & Channel Treatment

 

Sistem II : Perfect Doji & Channel Treatment.

 

------------------

Pemahaman doji:

(Banana Pulse diary)

 

"Intisari dari sebuah doji terletak pada Close price, kedua belah pihak mengalami fase impas (ekuilibrium). Terbentuknya sebuah candle ini, lebih pada pemahaman bahwa price telah mengalami kontraksi dalam merebut sebuah lini retracement yang sangat penting, dalam hal ini untuk pembentukan dan kontinuasi trend ---baik itu untuk long term atau short term. Trend yang akan terjadi sesudah doji, sangat ditentukan oleh persetujuan pasar untuk menyambut harga2 baru tersebut."

 

Kesimpulannya, doji adalah signal untuk merebut trend. Bukan se-tipikal seperti yang "dicuapkan" oleh industri pemetaan, yang menyatakan doji hanya sbg signal reversal. Mengapa? Karena anda bisa menemukan sebuah doji di tengah2 trend, reversal point (seperti yg mereka bilang), dan juga sebagai ruang konsolidasi di market sideways.

------------------

 

Balik ke sistem,

Dua buah tools yang sering dipake oleh "simple trader" adalah horizontal line dan speed-line (diagonal). Dan ini sangat dihargai karena basic tool ini melahirkan semua indikator garis lurus: channel, gann, fork, fibo tools, dsb.

 

Di sistem ini, kita akan mengembangkan peran doji, dan juga bagaimana peran tools tersebut dalam pengambilan keputusan, baik itu secara simpel (one line) atau kompleks (dua line atau lebih).

 

Sebuah contoh dari pemetaan 2 doji menggunakan Equidistant Channel, di GJ Daily.

 

http://farm4.static.flickr.com/3170/2831734435_0791b8d0ed.jpg?v=0

 

Pemetaan ini bersifat sangat fleksibel, dalam arti anda harus memetakannya secara manual (dibanding pivot S/R). Di harga terakhir GJ menunjukkan reversal (sementara) dan mengambil titik support dari channel tsb. Hal ini bisa memberi petunjuk tentang akan adanya kehadiran pemain doji tsb untuk take profit -atau- buy back di titik tsb.

 

Ini tidak memberi kita jawaban, kita pasti downtrend atau uptrend disitu, karena bull tersebut bisa saja dipaksa turun untuk hari2 berikutnya. Di gambar ditunjukkan begitu baiknya posisi bounce, dimana mereka menunggu posisi keluar maupun masuk tepat berada di batas support channel, yang ditarik berdasarkan Low terendah awal tahun, dan juga berdasarkan derajat kemiringan yang dibentuk oleh dua perfect-doji di Daily.

 

Ini pemetaan salah besar!!!

 

Jadi, sebelum dilanjutkan. Pemetaan dan pemahaman menggunakan analisa dua titik: dari kanan ke kiri.

 

Bukan dari kiri ke kanan. Beda psikologis, akan memberikan beda fungsional sebuah indikator ---atau kita tidak memaksimalkan fungsi indikator tsb secara keseluruhannya. Ini anda akan rasakan lebih lagi, bila memakai Fibonacci Channel atau Channel lainnya yang lebih dari 1 garis.

 

Untuk indikator lebih dari 1 garis.

-Mengukur diagonal turun, dari kanan bawah ke kiri atas. (A di kanan bawah, B di kiri atas).

-Mengukur diagonal naik, dari kanan atas ke kiri bawah. (A di kanan atas, B di kiri bawah).

A adalah titik start, B adalah titik tumpu.

 

Berikut sampel penarikan yang betul:

http://farm4.static.flickr.com/3236/2831800349_681ec4dfce_m.jpg

 

Note:

1. Bila anda memetakan dari kiri ke kanan, anda kehilangan 95% analisa anda berdasarkan price yang sudah terjadi. Bila sudah terjadi, anda sudah terlambat menyadarinya, dan kehilangan peluang yang ada.

2. Bila anda memetakan sebaliknya, anda punya frame 100% ttg kemungkinan retracement ganjalan secara keseluruhan tanpa harus me-mondar mandir-kan indikator anda. Dan anda akan mempunyai keuntungan membaca sudut2 yang ada, tergantung indikator apa yang anda gunakan.

 

Rasakan bedanya. Pada saat price jatuh lebih dalam lagi dari support ini, segalanya akan jelas.

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Kayaknya doji sebagai penentu pivot itu keliatannya ok yah.

 

Nah, aku uda buat indicator di metatrader, biar gampang itungnya. :D

 

indicator ini pake 4 input:

- prHigh = High Price

- prLow = Low Price

- prClose = Close Price

- n = Repeat Coefficient for support / resistance (jumlah pengulangan)

 

Pivot is green

Support is red

Resistance is blue

TimeFrame: all

 

Dicoba ya.

 

Regards,

Ore no Shinka Hikari yo Hayai. Zen Uchi o Nani no Mono Ore no Shinka Chuito Kore Nai.

Ten no Michi yo Iki. Subete o Sukosadoru Otoko.

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Thx berat buat bro William untuk pemolesan sistem Pivot S/R, saya sangat menghargai hasil kerja anda. Trus trang gue udah coba indi ini selama 2 tahun lebih, dan sudah diaplikasikan ke semua pair atau TF di Forex. Lumayan cukup bagus dibanding yang Pivot umum, karena Pivot umum rangenya agak minim dalam menginformasikan sebuah trend untuk jangka panjang, kecuali anda maen TF gede (yah kapan sampenya gitu lor).

 

Candle ini memiliki keistimewaan, anda bisa sangat disiplin dan menahan diri dari random open position (sembarangan buka posisi). Karena candle ini tidak akan muncul di setiap saat (4H minimum).

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Ga lah.

 

Mo juga kita2 say thanks buat bro dakuforex karena uda dishare sistem ini.

 

Tadinya seh mo buat yg otomatis, kan lumayan gampang tuh tinggal cari yg open=close, tp kl ada beberapa doji jadi nanti garisnya kebanyakan jadi bingung sendiri, ya ga? ato ambil doji yg paling terdekat dengan waktu sekarang ya? Ada ide? Ato yg manual gini aja uda cukup?

 

Regards,

Ore no Shinka Hikari yo Hayai. Zen Uchi o Nani no Mono Ore no Shinka Chuito Kore Nai.

Ten no Michi yo Iki. Subete o Sukosadoru Otoko.

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Yup. bila ada doji baru, analisa berubah lagi. maka dari itu, maen pake Daily doji paling aman. Weekly cenderung berat, maksudnye perlu timing tepat buat masuk. Monthly, gue liat rata2 pairs kurang minat buat doji Monthly, kecuali Eur/usd.

4H bisa jg, tapi mesti hati2 karena rangenya terkadang cukup dekat dgn daily line.

 

* Nice Posting, GOODJOB & WELLDONE :arrow: Keep in update Bro Dakuforex. Salam MANTAPS :) Lanjut .... (Gyverd)

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Kebetulan GJ mempraktekkan fungsi dari Channel bila ditarik dari kanan ke kiri.

(Lihat gambar)

 

"Sebuah gap berfungsi sebagai persetujuan implisit pasar, untuk sebuah harga baru."

(Banana Pulse diary)

 

Setiap broker memiliki gap2 berbeda di tempat lain dan di harga yang lain, maka dari itu saya mengacu pada platform dari metaquotes.net, karena mereka adalah basis dari broker2 ber-platform MT4.

 

Gap memiliki fungsi yang mirip dgn perfect doji, ini bila anda terbiasa menggunakan gap sebagai basis penempatan indikator kesayangan anda. Meskipun mereka sama, tetapi penerapan basis gap adalah sangat liar, yah anda masih bisa juga bertrading dgn "jeda" tsb.

 

Ini salah satu keuntungan dari anda menarik indikator dari kanan ke kiri. :">

Link to comment
Share on other sites

Re: Perfect Doji

 

Setiap broker memiliki gap2 berbeda di tempat lain dan di harga yang lain, maka dari itu saya mengacu pada platform dari metaquotes.net, karena mereka adalah basis dari broker2 ber-platform MT4.

 

Nah, aku mo kasi tau satu hal biar hati2.

 

Memang metaquotes.net adalah basis dari broker2 ber-platform MT4, tapi....

 

MT4 yg didownload lewat metaquotes.net bukanlah patokan, sebab....

 

MT4 yg di metaquotes.net itu memakai server dari sponsor. Aku sering download MT4 dari metaquotes.net buat client, ada yg dapet server Alpari, ada yg dapet server ODL. Tampaknya dirandom oleh metaqutoes.net

 

Kl ODL, perdagangan sabtu & minggu diperlihatkan, sehingga senin yg diserver lain gap, di ODL bisa tidak gap. Tapi tampaknya server ODL kurang reliable dibanding Alpari.

 

Kalau aku pilih servernya dari metastock, saudaranya metaquotes. Aku sering test dengan reuters, harganya server metastock itu paling mirip dengan reuters dibandingkan Alpari dan ODL. Sayangnya server metastock tidak bisa didapat dengan mudah, waktu itu aku dikasi temen.

 

Jadi hati2 ya. Sebab MT4 dari metaquotes.net belum tentu bagus, sebab tergantung pake server apa. MT4 itukan cuman software kulit, intinya pake server. Misal MT4 dari InterbankFX bisa saja pake server Alpari kl mau, atau MT4 dari metaquotes.net pake server InterbankFX.

 

Regards,

Ore no Shinka Hikari yo Hayai. Zen Uchi o Nani no Mono Ore no Shinka Chuito Kore Nai.

Ten no Michi yo Iki. Subete o Sukosadoru Otoko.

Link to comment
Share on other sites

  • 1 year later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

×
×
  • Create New...